Kamis, 11 Mei 2017

Cara Mudah Pembaruan Manual Aplikasi Dapodik 2017c

Cara Mudah Pembaruan Manual Aplikasi Dapodik 2017c - Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c berfokus pada pendataan hasil evaluasi pendidikan dalam bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.c semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan menu nilai untuk digunakan di satuan pendidikan.

Pada beranda aplikasi akan terlihat menu baru yaitu kelompok menu NILAI. Kelompok menu nilai berisi 2 sub menu yaitu menu RAPOR dan US/USBN. Menu RAPOR memiliki fungsi untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester. sedangkan menu US/USBN memiliki fungsi untuk menginput nilai US dan USBN dari peserta didik tingkat akhir yang diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran.



Pengisian nilai dapat pula dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c sudah dapat terintergrasi dengan e-rapor SMA Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan perbaikan akan dibahas bersamaan dengan penjelasan teknis terkait persiapan data dan cara input nilai pada bab selanjutnya.

Target Pendataan Nilai Tahun 2017
Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pendataan nilai Rapor memiliki target yang cukup banyak yaitu terkumpulnya data nilai Rapor semua tingkat kelas pada semester ganjil dan genap yang diawali dari kelas 4 sampai dengan kelas 6.

Peran Pengguna dalam kegiatan:
Kewenangan input data nilai diberikan kepada guru atau wali kelas. Operator sekolah bertugas sebagai administrator dimana dapat mengakses.


Demikianlah sekilas penjelasan tentang Cara Mudah Pembaruan Manual Aplikasi Dapodik 2017c semoga dapat dipergunakan sebagai pencerahan Operator Sekolah. 

Blog Edukasi Partner.


EmoticonEmoticon