Minggu, 11 Desember 2016

Konversi Praktis Ubah Nilai Kurikulum 2013 Ke Kurikulum KTSP Format Excel

Konversi Praktis Ubah Nilai Kurikulum 2013 Ke Kurikulum KTSP Format Excel 

Dengan kehadiran berbagi kali ini tentang Konversi Praktis Ubah Nilai Kurikulum 2013 Ke Kurikulum KTSP Format Excel ini dengan harapan dapat dipergunakan sebagai file pedoman bagi bapak/ibu guru semuanya, karena dalam penilaian kurikulum 2013 dengan kurikulum SD KTPS memang jauh berbeda.

Dari sisi kaca mata yang berbeda memang dengan adanya penghentian kurikulum 2013 yang bersifat terbatas pada sekolah yang baru menerapkan kurikulum 2013 baru satu semester, sudah barang tentu menyisakan banyak persoalan. Persoalan – persoalan tersebut muncul lagi setelah sekolah harus kembali menggunakan kurikulum KTSP lagi. Padahal laporan pendidikan untuk semester satu sudah terisi dengan rapinya dengan kriteria Kurikulum 2013 yang dengan penuh perbedaan antara kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013, seperti yang kita pernah ketahui yang skala penilaian Kurikulum 2013 berskala 1-4, sedangkan Kurikulum KTSP berskala 0 s.d 100.

Selain di skala penilaian kurikulum 2013 mempunyai tiga ranah penilaian yaitu:
  • Ranah sikap
  • Ranah pengetahuan dan
  • Ranah praktik 

File Download: Konversi Nilai Kurikulum 2013 ke Kurikulum KTSP

Untuk itu, pemerintah telah mengantisipasi hal tersebut dengan mengeluarkan juknis bersama dirjen pendidikan dasar dan dirjen pendidikan yang menengah yang mengatur konversi nilai Kurikulum 2006. Dalam lapisan juknis tersebut, dilampirkan 3 tabel konversi yang dapat digunakan sekolah untuk mengkonversi nilai dari kurikulum 2013 ke Kurikulum KTSP. Berikut ini adalah konversinya.


Namun di dalam juknis terdapat pula serangkaian tabel konversi menyisakan beberapa permasalahan. Suatu misal (red Juknisnya) pada tabel 1 keterangan konversi nilai cukup lengkap, tetapi yang menjadi pertanyaan apakah keterangan tersebut hanya berlaku pada tabel 1 (untuk SD) saja atau keterangan tersebut juga berlaku untuk tabel 2 dan tabel 3. Kemudian pada tabel 1 dan 2 konversi nilai kurikulum 2006 menggunakan nilai satuan sedangkan beberapa sekolah menggunakan nilai puluhan seperti dapat dilihat pada Juknis berikut:


Demikian yang dapat kami bahas tentang Konversi Praktis Ubah Nilai Kurikulum 2013 Ke Kurikulum KTSP Format Excel  semoga bermafaat. Mohon maaf apabila kurang sesuai harapan para pengunjung. Harap tinggalkan komentar pada menu yang telah kami sediakan atau bisa komentar di jejaring sosial kami Facebook di sini atau di sini

Link terkait tentang Aplikasi:
  1. Aplikasi Absensi Siswa Bulanan Terbaru 2016
  2. Aplikasi Penyusunan Soal Isian dan Pilihan Ganda
  3. Aplikasi Buku Raport Kurikulum 2013 Lengkap dengan Panduannya ~ Hasil Revisi 2016
  4. Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)
  5. Aplikasi Excel Menentukan Hari Lahir Lengkap dengan Watak
  6. Aplikasi Penilaian Kurikulum 13 Tercangg
  7. Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMA Khusus Kelas X
  8. Aplikasi Aalisis Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa
  9. Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD Lengkap Dengan Juknisnya





Blog Edukasi Partner.


EmoticonEmoticon