Senin, 01 Agustus 2016

Modul Gratis ~ Pembelajaran Guru Sekolah Dasar ~ Kompetensi B dan C

Dalam modul pembelajaran Guru Kelas rendah Kometensi B ini secara singkat terangkum sebagai berikut:
  • Latar Belakang
  • Tujuan
  • Peta Kompetensi
  • Ruang Lingkup
  • Saran Cara Penggunaan Modul

Adapun pada penjelasan “Saran Cara Penggunaan Modul” dapat disimpulkan, bahwa modul ini terdiri dari 3 (tiga) kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan pembelajaran akan disajikan pokok-pokok materi sederhana yang memerlukan pengembangan lebih lanjut. Oleh karena itu, peserta diharapkan tidak hanya tergantung pada modul ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Sedangkan Modul ini juga bisa dipergunakan sebagai bahan bacaan mandiri tanpa kehadiran pengajar. Oleh karena itu, sebelum mulai mempelajari modul ini peserta disarankan untuk melihat tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi guna memahami tuntutan keterampilan dan pengetahuan yang diharapkan di setiap materi yang disajikan. Untuk belajar secara mandiri akan lebih baik apabila Guru Pembelajar membuat ringkasan pada setiap submateri yang disajikan. Selain belajar mandiri, peserta juga dapat berdiskusi dengan teman sejawat baik di sekolah maupun dalam forum Kelompok Kerja Guru (KKG) sebab terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan curah pendapat sangat membantu Guru Pembelajar dalam memahami dan mengingat konsep atau istilah yang dibahas serta melatih keterampilan.


Setelah membaca secara mandiri dan membuat ringkasan atau berdiskusi peserta dapat berlatih untuk mengerjakan latihan atau memecahkan kasus yang terdapat dalam setiap materi. Hal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan melatih keterampilan dalam menerapkan konsep, istilah yang dipelajari. Untuk menyelesaikan latihan atau kasus peserta disarankan untuk mencari sumber bacaan lain yang mendukung materi, meskipun di akhir setiap materi telah diberikan kunci jawaban atau rubrik penilaian. Selain itu, kerja kelompok dalam KKG juga disarankan sebagai bagian konfirmasi atas penyelesaian masalah dalam latihan atau kasus yang dikerjakan.
File download: Modul Pelatihan Guru Sekolah Dasar


Dari uraian di atas semoga menjadikan tambahan ilmu pengetahuan dan pengayaan dokumen tentang  Modul Pembelajaran Guru Sekolah Dasar 
Blog Edukasi Partner.


EmoticonEmoticon